1. Jelaskan yang dimaksud dengan shading?
Shading merupakan
metode atau teknik dalam rendering (pembentukan gambar yang mengandung model
geometris untuk menghasilkan gambar yang lebih realistis). Pemberian bayangan
(shading) merupakan proses penentuan warna dari semua pixel yang menutupi
permukaan menggunakan model illuminasi (pencahayaan). Metodenya melliputi:
· Penentuan permukaan tampak pada setiap
pixel
· Perhitungan normal pada permukaan
· Mengevaluasi intensitas cahaya dan
warna menggunakan model illuminasi.
2. Jelaskan yang dimaksud dengan:
Diffuse
Ambient
Specular
Diffuse,Ambient,
dan Specular merupakan sebuah komponen pencahayaan. Diffuse (Menyebar) yaitu
pencahayaan yang sinarnya datang dari satu sumber cahaya. Ambient (Kesilauan) yaitu pencahayaan yang sinarnya dari sumber cahaya yang menyebar karena lingkungan. Sedangkan
Specular cahaya yang timbul karena
objek tertentu, misalnya pantulan dari
plastik dan bahan metal.
3. a. Jelaskan
yang dimaksud dengan mapping?
Mapping :
suatu teknik untuk menirukan detail permukaan dengan pemetaan gambar (tekstur) menjadi polygons.
b. Sebutkan
dan jelaskan jenis-jenis mapping?
1. Texture
map : suatu teknik untuk menirukan detail permukaan dengan pemetaan
gambar (tekstur) menjadi polygons.
* Texture map
terdiri dari :
- bitmap :
memilih file gambar image
- checker :
pola papan catur
- marble : tekstur berupa marmer
- gradien :
tekstur dari gradasi tiga buah warna
- water :
menampilkan efek air
- wood :
menampilkan tekstur kayu
2. Mapping
coordinate :
* Mapping
Coordinate
- offset :
menggeser posisi bitmap pada material
- tilling :
mengatur duplikasi bitmap pada material
- mirror :
mencerminkan bitmap pada material
- tile :
pengkotakkan material
- angle :
perputaran material pada objek
- uv/vw/wv :
orientasi mapping
- blur :
memberikan efek kabur
4. Jelaskan perbedaan game Online dan Offline?
Perbadaan
yang paling mencolok dari kedua jenis game ini adalah pada koneksi internet. Pada
game online tentunya kita memerlukan koneksi internet untuk bisa
menggunakannya, sedangkan game offline kita bisa menggunakannya tanpa perlu
adanya koneksi internet
Perbedaan yang
lainnya adalah dengan siapa kita bermain. Game online kita bisa bermain dengan
orang dari seluruh penjuru dunia yang sedang memainkan game yang sama dengan
game yang kita mainkan. Jika game offline kita bermain dengan Computer.
Ada beberapa
game yang bisa dimainkan secara online dan offline. Jadi dika kita tidak
mempunyai koneksi internet, kita tetap bisa memainkan game tersebut.
5. Software apa saja yang digunakan programmer
dalam membuat game? Jelasakan!
Unity 3D
Unity 3D
merupakan program gratis untuk membuat game yang dirancang agar mudah digunakan
oleh pemula. Program ini menjadi pilihan lebih dari 800.000 pencipta game dari
seluruh dunia karena Unity menyediakan semua fungsionalitas inti yang
dibutuhkan untuk menciptakan game-game hebat. Unity memiliki kinerja grafis
dengan optimasi tinggi dan bisa digunakan di PC, Mac (termasuk iPhone), Wii,
dan iPad.
Dengan Unity,
berbagai jenis game bisa diciptakan secara fleksibel. Contoh jenis game yang
telah dibuat menggunakan Unity antara lain: massively multiplayer online game
berbasis browser; first person shooter (game tembak menembak); game balap; real
time strategy (game siasat perang); role playing game (RPG); dan sebagainya.
Unreal Development Kit
Unreal
Development Kit (disingkat UDK) merupakan program lengkap membuat game dengan
kualitas profesional berdasarkan Unreal Engine 3, yang mendapat pengakuan
sebagai salah satu game engine terbaik. Unreal Engine 3 telah digunakan oleh
pencipta game, peneliti, studio televisi, sutradara machinima, artis, dan
pelajar.
Panda3D
Panda3D
adalah program untuk animasi 3D dan penciptaan game yang Open Source dan gratis
untuk penggunakan komersial sekalipun. Salah satu fitur unggulan program ini
adalah monitor kinerjanya, sehingga beban CPU dan GPU (Graphics Processing
Unit) bisa diketahui sekilas.
Refrensi:
http://2db01cacing.blogspot.com/2010/10/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html
http://ribunni.wordpress.com/2013/05/10/pengantar-teknologi-game-tugas-2/