test

  • Home
  • Contact

Twitter

Sabtu, 26 April 2014

Tugas 2 Softskill



1.  Jelaskan yang dimaksud dengan shading?

Shading merupakan metode atau teknik dalam rendering (pembentukan gambar yang mengandung model geometris untuk menghasilkan gambar yang lebih realistis). Pemberian bayangan (shading) merupakan proses penentuan warna dari semua pixel yang menutupi permukaan menggunakan model illuminasi (pencahayaan). Metodenya melliputi:

·  Penentuan permukaan tampak pada setiap pixel
·  Perhitungan normal pada permukaan
·  Mengevaluasi intensitas cahaya dan warna menggunakan model illuminasi.

2.  Jelaskan yang dimaksud dengan:
Diffuse
Ambient
Specular

Diffuse,Ambient, dan Specular merupakan sebuah komponen pencahayaan. Diffuse (Menyebar) yaitu pencahayaan yang sinarnya datang dari satu sumber cahaya. Ambient (Kesilauan) yaitu pencahayaan yang sinarnya dari sumber cahaya yang menyebar karena lingkungan. Sedangkan Specular cahaya yang timbul karena objek tertentu, misalnya  pantulan dari plastik dan bahan metal.

3.     a.  Jelaskan yang dimaksud dengan mapping?
Mapping : suatu teknik untuk menirukan detail permukaan dengan pemetaan gambar     (tekstur) menjadi polygons.

b. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis mapping?

1. Texture map  : suatu teknik untuk menirukan detail permukaan dengan pemetaan gambar (tekstur) menjadi polygons.
* Texture map terdiri dari :
- bitmap : memilih file gambar image
- checker : pola papan catur
- marble : tekstur berupa marmer
- gradien : tekstur dari gradasi tiga buah warna
- water : menampilkan efek air
- wood : menampilkan tekstur kayu

2. Mapping coordinate :
* Mapping Coordinate
- offset : menggeser posisi bitmap pada material
- tilling : mengatur duplikasi bitmap pada material
- mirror : mencerminkan bitmap pada material
- tile : pengkotakkan material
- angle : perputaran material pada objek
- uv/vw/wv : orientasi mapping
- blur : memberikan efek kabur

4. Jelaskan perbedaan game Online dan Offline?

    Perbadaan yang paling mencolok dari kedua jenis game ini adalah pada koneksi internet. Pada game online tentunya kita memerlukan koneksi internet untuk bisa menggunakannya, sedangkan game offline kita bisa menggunakannya tanpa perlu adanya koneksi internet

   Perbedaan yang lainnya adalah dengan siapa kita bermain. Game online kita bisa bermain dengan orang dari seluruh penjuru dunia yang sedang memainkan game yang sama dengan game yang kita mainkan. Jika game offline kita bermain dengan Computer.

   Ada beberapa game yang bisa dimainkan secara online dan offline. Jadi dika kita tidak mempunyai koneksi internet, kita tetap bisa memainkan game tersebut.

5. Software apa saja yang digunakan programmer dalam membuat game? Jelasakan!

Unity 3D

   Unity 3D merupakan program gratis untuk membuat game yang dirancang agar mudah digunakan oleh pemula. Program ini menjadi pilihan lebih dari 800.000 pencipta game dari seluruh dunia karena Unity menyediakan semua fungsionalitas inti yang dibutuhkan untuk menciptakan game-game hebat. Unity memiliki kinerja grafis dengan optimasi tinggi dan bisa digunakan di PC, Mac (termasuk iPhone), Wii, dan iPad.

   Dengan Unity, berbagai jenis game bisa diciptakan secara fleksibel. Contoh jenis game yang telah dibuat menggunakan Unity antara lain: massively multiplayer online game berbasis browser; first person shooter (game tembak menembak); game balap; real time strategy (game siasat perang); role playing game (RPG); dan sebagainya.
  
Unreal Development Kit

   Unreal Development Kit (disingkat UDK) merupakan program lengkap membuat game dengan kualitas profesional berdasarkan Unreal Engine 3, yang mendapat pengakuan sebagai salah satu game engine terbaik. Unreal Engine 3 telah digunakan oleh pencipta game, peneliti, studio televisi, sutradara machinima, artis, dan pelajar.

Panda3D

   Panda3D adalah program untuk animasi 3D dan penciptaan game yang Open Source dan gratis untuk penggunakan komersial sekalipun. Salah satu fitur unggulan program ini adalah monitor kinerjanya, sehingga beban CPU dan GPU (Graphics Processing Unit) bisa diketahui sekilas.

Refrensi:
http://2db01cacing.blogspot.com/2010/10/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html
http://ribunni.wordpress.com/2013/05/10/pengantar-teknologi-game-tugas-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar