test

  • Home
  • Contact

Twitter

Rabu, 07 November 2012

Konsep Teknologi Konvergensi , Jejaring Sosial, Podcasting, RSS, IPTV Sebagai Layanan Aplikasi New Media 1


1.      Konvergensi

Konvergensi merupakan integrasi yang progresif dari beberapa platform jaringan yang berbeda untuk menyalurkan layanan yang serupa dan atau layanan-layanan yang berbeda yang disalurkan pada platform jaringan yang sama.
Konvergensi adalah bersatunya layanan telekomunikasi, teknologi informasi, dan penyiaran. Penyelenggaraan jasa telekomunikasi merupakan kegiatan penyediaan atau pelayanan jasa telekomunikasi yang memungkinkan terselenggaranya telekomunikasi melalui media apa aja, termasuk TV, siaran, radio dan multimedia.Konvergensi yang sempurna terjadi pada jaringan masa depan. Dalam era konvergensi semua instrumen jaringan berbasis IP atau packet-based network. Aplikasi dan layanan akan terpisah dari jaringan transport / core.
Di sisi lain, jaringan akan bersifat terbuka, jaringan pita lebar   terintegrasi, serta jaringan ubiquitous. Sedangkan network intelligence terdistribusi.

1.1.     Broadband
Broadband (Jalur lebar atau pita lebar) merupakan sebuah istilah dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi. Ada dua jenis jalur lebar yang umum, yaitu DSL dan kabel modem, yang mampu mentransfer 512 kbps atau lebih, kira-kira 9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telepon standar.
Akses internet jalur lebar menjadi pasar yang tumbuh dengan cepat dalam banyak bidang di awal 2000-an; satu penelitian menemukan bahwa penggunaan internet jalurlebar di Amerika Serikat tumbuh dari 6% pada Juni 2000 ke nyaris 30% pada 2003.
Beberapa implementasi modern dari jalur lebar telah mencapai 20 Mbit/detik, beberapa ratus kali lebih cepat dari yang ada pada awal internet dan biayanya juga lebih murah; meskipun begitu biaya dan performa bervariasi di berbagai negara.
Negara dengan penetrasi penggunaan jalurlebar tertinggi di dunia adalah Korea Selatan, di mana 23,17% (data Desember 2003) penduduknya memanfaatkan koneksi jenis ini.

1.2.       VPN
VPN adalah singkatan dari virtual private network, yaitu Sebuah cara aman untuk mengakses local area network yang berada pada jangkauan, dengan menggunakan internet atau jaringan umum lainnya untuk melakukan transmisi data paket secara pribadi, dengan enkripsi Perlu penerapan teknologi tertentu agar walaupun menggunakan medium yang umum, tetapi traffic (lalu lintas) antar remote-site tidak dapat disadap dengan mudah, juga tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusupkan traffic yang tidak semestinya ke dalam remote-site.

1.3.       Pemanfaatan IT dan konvergensi
Di bawah ini adalah pemanfaatan dari IT dan konvergensi :
1.      Pengembangan pengajaran berbasis multimedia dan jaringan internet. Konvergensi IT dan telekomunikasi memungkinkan pengajaran interaktif dengan visual, audio, push-button, dari berbagai sumber dan ragam metode. Manfaat ini akan optimal jika para guru sebagai fasilitator punya kemampuan menggunakan software dan perangkat yang ada dengan baik.

2.      Membuka akses pencarian informasi tanpa batas di bidang ilmu pengetahuan yang dibutuhkan baik oleh pengajar maupun siswa. Berbagai topik ajar yang harus diketahui dan dikuasai siswa dapat di-search melalui berbagai mesin pencari (search engine) yang tersedia di internet. Situs seperti Wikipedia bahkan mampu memberikan definisi mendalam tentang suatu hal.

3.      Meningkatkan intensitas komunikasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Karakteristik IT dan telekomunikasi yang time borderless  membuat siapapun dapat melakukan komunikasi dan pertukaran informasi kapanpun. Kemampuan teknologi broadband  mampu men-deliver teks, gambar, suara, bahkan video kepada siapa saja yang membutuhkan (selama perangkat dan jaringan support).

4.      Memperkecil lack of knowledge melalui media IT dan telekomunikasi yang mampu dijangkau daerah rural. Kemampuan teknologi mampu melintasi batas yang sulit ditempuh dengan moda transportasi normal. Daerah rural diharapkan -minimal- mampu menerima informasi dari daerah-daerah perkotaan. Lebih jauh lagi, diharapkan mampu menggunakan perangkat IT & telekomunikasi untuk mengamati, meniru, dan memodifikasi sebagai proses inovasi.

5.      Memperkaya khasanah pengetahuan secara terus-menerus (sustainable of education), dan faktual.

6.      Menumbuhkan kesadaran etis multikultur, toleransi atas perbedaan, dan pemahaman akan kekayaan bangsa dalam skala nasional mapun keragaman potensi antar bangsa dalam skala internasional.

7.      Menumbuhkan daya saing. Konvergensi IT dan telekomunikasi akan merangsang daya kompetisi para pelaku pembelajaran, terutama ketika mengetahui betapa besar ketertinggalannya dengan komunitas lain. Tentu saja dibutuhkan orang-orang dengan karakter mau maju, berkembang, dan tingkat keingintahuan (curiousity) yang tinggi untuk mengelola manfaat ini di sisi peningkatan kompetensi pelaku pendidikan.

8.      Meningkatkan akuntabilitas publik. Informasi yang tersaji dan dikonsumsi oleh pengguna pada akhirnya akan memberikan sistem yang lebih demokratis, sehingga akuntabilitas publik mengalami peningkatan. Semakin banyak orang tahu perkembangan dunia pendidikan, kebijakan pemerintah tentang pendidikan-seperti visi, misi, dan RENSTRA Depdiknas misalnya- maka proses demokratisasi pendidikan telah terbangun dengan sendirinya.




1.4.     Media Konvergensi
Konvergensi media adalah penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan. Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan teknologi komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan.
Konvergensi jaringan adalah koeksistensi efisien telepon, video dan komunikasi data dalam satu jaringan. Penggunaan beberapa mode komunikasi dalam jaringan tunggal menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas bukan tidak mungkin dengan prasarana yang terpisah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar