2.
Konsep
Jejaring Sosial
2.1.
Definisi
Jejaring sosial adalah
suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah
individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi
spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Analisis jaringan
jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul
adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar
aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian
dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial
beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan
memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan
organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai
tujuannya.
Dalam bentuk yang
paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang
relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk
menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam
diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai
garis penghubungnya.
2.2.
Sejarah
Kemunculan
situs jejaring sosial ini diawali dari adanya inisiatif untuk menghubungkan
orang-orang dari seluruh belahan dunia.
Situs
jejaring sosial pertama, yaitu Sixdegrees.com mulai muncul pada tahun 1997.
Situs ini memiliki aplikasi untuk membuat profil, menambah teman, dan mengirim
pesan. Tahun 1999 dan 2000, muncul situs sosial lunarstorm, live journal,
Cyword yang berfungsi memperluas informasi secara searah. Tahun 2001, muncul
Ryze.com yang berperan untuk memperbesar jejaring bisnis. Tahun 2002, muncul
friendster sebagai situs anak muda pertama yang semula disediakan untuk tempat
pencarian jodoh. Dalam keanjutannya, friendster ini lebih diminati anak muda
untuk saling berkenalan dengan pengguna lain. Tahun 2003, muncul situs sosial
interaktif lain menyusul kemunculan friendster, Flick R, You Tube, Myspace.
Hingga akhir tahun 2005, friendster dan Myspace merupakan situs jejaring sosial
yang paling diminati.
Memasuki
tahun 2006, penggunaan friendster dan Myspace mulai tergeser dengan adanya
facebook. Facebook dengan tampilan yang lebih modern memungkinkan orang untuk
berkenalan dan mengakses informasi seluas-luasnya. Tahun 2009, kemunculan
Twitter ternyata menambah jumlah situs sosial bagi anak muda. Twitter
menggunakan sistem mengikuti - tidak mengikuti (follow-unfollow), dimana kita
dapat melihat status terbaru dari orang yang kita ikuti (follow). Tahun
2012,muncul kembali dan menambah kembali situs jejaring sosial untuk semua usia
yang bernama Ketiker. Ketiker adalah situs web yang menawarkan jejaring sosial
berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca
pesan yang disebut post.
2.3. Layanan
Jejaring Sosial
Jejaring
sosial berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil,
melihat list pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk
bergabung dalam situs tersebut. Tampilan dasar situs jejaring sosial ini
menampilkan halaman profil pengguna, yang di dalamnya terdiri dari identitas
diri dan foto pengguna.
2.4. Situs
Jejaring Sosial
Beberapa
situs jejaring sosial yang sering orang gunakan adalah Facebook, Friendster,
Twitter, Myspace, dan masih banyak yang lainnya. Dari situs itu yang sekarang
masih banyak orang yang memakainya adalah Facebook dan Twitter.
2.5. Dampak
Positif dan Dampak Negatif
Dampak
positif dari keberadaan situs jejaring sosial ini memudahkan kita untuk
berinteraksi dengan mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan
biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakan telepon. Selain itu, dengan
adanya situs jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara
cepat.
Sedangkan
dampak negatif dari kemunculan situs jejaring sosial ini menyebabkan interaksi
interpersonal secara tatap muka (face-to-face) cenderung menurun. Orang lebih
memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial karena lebih praktis. Di lain
pihak, kemunculan situs jejaring sosial ini membuat anak muda tidak dapat tidak
mengakses internet. Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial ini
secara tidak langsung membawa dampak negatif, seperti kecanduan (addiksi) yang
berlebihan dan terganggunya privasi seseorang.
3.
Podcasting
3.1.
Definisi
Istilah "podcasting" pertama
kali muncul dalam sebuah karangan artikel oleh Ben Hammersley di surat kabar
The Guardian pada Februari 2004, bersama dengan istilah lain yang diusulkan
untuk menamakan teknologi baru ini. "Podcast" merupakan lakuran kata
"pod" — "playable on demand" (dimainkan atas permintaan),
yang kelak digunakan Apple Computer (sekarang Apple) untuk merek (portable
media player) iPod — dan "broadcasting" (penyiaran). Nama ini dapat
menyesatkan, karena siniar dapat digunakan tanpa iPod, atau bentuk
pemutar-media-saku lain; isi-kandungannya dapat diperoleh dengan komputer yang
dapat memainkan berkas media. Penggunaan istilah "podcast" mendahului
adanya dukungan asal (native support) untuk layanan siniar bagi iPod, atau
perangkat lunak Apple iTunes. Untuk menghindari keterkaitannya dengan istilah
"iPod", beberapa orang memakai istilah "netcast" sebagai
pengganti "podcast", seperti siniarwan (podcaster) TWiT.tv Leo
Laporte. Singkatan balik (backronym) telah diusulkan supaya "podcast"
dapat diuraikan sebagai "personal on demand broadcast" (penyiaran
atas permintaan pribadi).
3.2.
Manfaat Podcasting
·
Meningkatkan visibilitas situs Anda
Audiens target Anda akan dapat menemukan
situs Anda lebih mudah ketika Anda daftar podcast Anda di direktori podcast
yang tersedia. Visibilitas untuk situs Anda akan meningkat sangat. Demikian
pula, mesin pencari akan dapat menemukan podcast Anda lebih mudah juga.
·
Menyediakan alat komunikasi bisnis yang
efektif
Salah satu manfaat penting dari
Podcasting adalah kenyataan bahwa itu benar-benar menyediakan alat komunikasi
tambahan untuk bisnis online Anda. Orang-orang akan datang untuk tahu tentang
situs Anda. Apa yang telah ditulis dan ditawarkan di situs Anda akan bisa
mendapatkan kredibilitas Anda sebagai seorang penulis ahli di bidang Anda.
·
Memberikan kesempatan untuk memberikan
nilai tambah menawarkan
Podcasting memungkinkan Anda untuk
memberikan nilai tambah menawarkan dalam format audio. Ini akan mempertahankan
kepentingan pembaca dan pelanggan sama seperti mereka akan senang dengan
tawaran ini. Mereka dapat kembali ke situs Anda untuk podcast mingguan “Pilihan
Hot Tips untuk minggu ini”, ini akan menjadi favorit panas bagi mereka dalam
perdagangan opsi.
3.3.
Komponen Podcasting
·
File audio : Suatu file dimana isinya
berupa suatu suara(audio) yang hanya bisa dibuka dengan media player.
·
Podcast Server
·
RSS FEED : Sebuah file berformat XML
untuk sindikasi yang telah digunakan(diantaranya dan kebanyakan) situs web
berita dan weblog.
3.4.
Cara Kerja Podcasting
Pada dasarnya setiap orang yang memiliki komputer dan akses ke Internet
dapat turut berpartisipasi menyajikan konten untuk layanan podcast. Anda dapat
merekam suara, lagu, puisi, pidato, ceramah, kultum, atau bahkan khotbah, kemudian
menyimpannya dalam format MP3 dan meng-upload-nya ke salah satu website podcast
yang ada. Selanjutnya biarkan orang lain yang tertarik dengan konten buatan
Anda untuk men-download dan mendengarkannya di komputer atau MP3 player mereka.
Sedangkan untuk
mendengarkan siaran podcast dari orang lain, Anda dapat masuk ke salah satu
website podcast, men-download freeware untuk podcasting yang mereka sediakan
(seperti iPodder atau iTunes), dan meng-install-nya di komputer. Selanjutnya,
dari aplikasi tersebut Anda dapat mengklik hyperlink untuk mendengarkan konten
podcast yang diinginkan. Anda dapat mendengarkannya langsung dari komputer,
atau men-download-nya ke dalam MP3 player.
3.5.
Model Penyebaran Cara Berlangganan
Broadcasting
Model penyebaran podcasting biasanya
dengan cara mendownload dan kita juga bisa berlangganan untuk mendapatkannya.
Salah satu contoh cara berlangganan podcasting :
Langkah-langkah untuk menggunakan
podcasting dengan iTunes adalah:
Download software iTunes dari alamat
http://www.apple.com/itunes/download/ dan kemudian install di komputer Anda.
Setelah diinstall, jalankan program
iTunes. Di sebelah kiri terdapat sebuah panel bernama Source yang berisi
sekumpulan item. Salah satu item yang terdapat di panel Source tersebut adalah
Podcasts.
Klik Podcasts di panel Source, maka tampilan
di panel kanan akan berubah untuk menunjukkan daftar podcast langganan Anda.
Saat ini daftar tersebut masih kosong.
Untuk berlangganan podcast, Anda dapat mencari
podcast-podcast yang sesuai dengan keinginan Anda di Podcast Directory iTunes.
Untuk masuk ke Podcast Directory iTunes, klik label Podcast Directory yang
terdapat di sebelah bawah daftar podcast. Untuk langkah ini komputer Anda harus
terkoneksi dengan Internet.
Di Podcast Directory, terdapat banyak pilihan
podcast. Podcast-podcast yang populer ditampilkan langsung di halaman utama.
Anda juga dapat mencari podcast yang Anda inginkan dengan memanfaatkan kotak
pencarian yang terdapat di bagian atas Podcast Directory. Selain itu, di bagian
kiri terdapat daftar kategori dari berbagai podcast yang tersedia. Anda dapat
mengklik suatu kategori untuk melihat podcast-podcast yang terdapat di dalam
kategori tersebut. Sampai saat post ini ditulis, terdapat lebih dari 6000
podcast yang terdaftar di Podcast Directory iTunes.
Setelah menemukan podcast yang Anda
inginkan, klik nama podcast tersebut untuk memunculkan keterangan lengkap
tentang podcast tersebut beserta tombol Subscribe. Selanjutnya klik tombol
Subscribe itu untuk berlangganan podcast yang bersangkutan. Langkah ini dapat
diulangi untuk podcast-podcast lain yang Anda inginkan.
Sekarang klik kembali item Podcast di panel
Source untuk masuk ke daftar podcast langganan Anda. Podcast yang Anda pilih
tadi telah muncul di daftar tersebut.
Untuk mengupdate podcast langganan Anda, klik tombol Update yang
terdapat di bagian kanan atas. Selanjutnya iTunes akan secara otomatis
men-download-kan episode terbaru dari semua podcast langganan Anda. iTunes juga
akan menampilkan daftar episode-episode yang lebih lama.
Setelah
di-download, Anda bisa men-dobel-klik nama episode tersebut untuk memainkannya.
Episode-episode yang lebih lama juga bisa di-download dengan menekan tombol Get
yang terdapat di sebelah kanan nama episode tersebut.
Selanjutnya iTunes akan secara otomatis
meng-update semua podcast langganan Anda setiap hari. Anda bisa mengatur
konfigurasi podcasting di iTunes melalui menu Edit | Preferences pada tab
Podcasting.
Ke :
Konsep Teknologi Konvergensi , Jejaring Sosial, Podcasting, RSS, IPTV Sebagai Layanan Aplikasi New Media 1
Konsep Teknologi Konvergensi , Jejaring Sosial, Podcasting, RSS, IPTV Sebagai Layanan Aplikasi New Media 3
Ke :
Konsep Teknologi Konvergensi , Jejaring Sosial, Podcasting, RSS, IPTV Sebagai Layanan Aplikasi New Media 1
Konsep Teknologi Konvergensi , Jejaring Sosial, Podcasting, RSS, IPTV Sebagai Layanan Aplikasi New Media 3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar